Langsung ke konten utama

Mencoba Memotivasi.

Bismillah
ditulis Selasa 9 July 2019 22:14

Alhamdulillah summalhamdulillah
Segala puji marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa. yang Kasihnya tak pernah pilih Kasih.

Hari ini, Sedang ada peristiwa tahunan yang cukup besar bagi para generasi muda. Calon-Calon harta karun bangsa yang masih terkubur dan akan segera muncul beberapa saat kedepan. Nama Peristiwanya adalah Pengumuman SBMPTN 2019.

SBMPTN
SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI

Sayapun pernah mencoba hal ini. Tahun 2018 saya lupa bulannya. Saya tahu betapa berharapnya kalian semua saat mencoba mendafttar,membayar dan pada saat melakukan test. Berharap mendapatkan hasil yang terbaik yaitu, Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mari kita Kupas dengan Latar belakang pengalaman saya.

di awal sudah saya tulis, "Segala puji merilah kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa. yang Kasihnya tidak pernah pilih Kasih" mengapa saya katakan seperti itu?

Mari kita renungkan. Kita ditakdirkan terlahir sebagai Manusia. Saat kita hadir kedunia lewat proses persalinan. Kita lahir dengan Kondisi yang tidak bisa apa-apa, tidak tahu apa-apa, dan tidak tahu latar belakang keluarga kita. Berjalannya waktu kita tahu bahwa oh ini bapak saya, oh ini ibu saya, ini keluarga saya. Penalaran kita sudah mulai berjalan.. tak lama kemudian, umur kita sudah cukup untuk masuk ke Sekolah Dasar. disini lah CITA-CITA kita dimulai.

mari bernostalgia sejenak.
ingatkan cita-cita apa yang kalian inginkan saat kecil dulu? Dokter,Pilot,Masinis, atau ingin jadi seperti Bapak Saja. karena pada saat itu yang terfikirkan oleh kita hanyalah itu, dunia kita baru dimulai dan Sekarang, bagi yang sudah mendapat hasil pengumuman SBMPTN saya ingin bertanya mungkin anda sudah berumur diatas 17 th dan sudah termasuk dewasa.

Pertanyaan saya bagi kalian adalah
Apakah apa yang kalian inginkan masih sama dengan dulu? Dokter,Pilot dll?
Apakah Cita-Cita anda masih sama seperti dulu ?

Mungkin jawabannya
sebagian ada yang tetap di cita-cita kecilnya atau harus berubah karena beberapa faktor. Yang mengubah pemikiran anda saat ini adalah contoh dari Kasih Sayangnya Tuhan kepada Anda. Loh kenapa bang? Jawabannya, Bayangkan kalau SBMPTN 2019 tahun ini semua daftar KEDOKTERAN. dan semua anak saat ini hanya ingin menjadi dokter dan tuhan tidak menunjukan rasa kasih sayangnya ? mungkin angka pengangguran lebih dari 50% dsb. sebuah narasi yang terlihat absurd, tapi saya hanya ingin menekankan apapun yang terjadi pada Anda hari ini maka itu adalah yang terbaik untuk anda. Bersyukurlah, karena tuhan masih memberikan Kasih sayangnya kepada anda. Tuhan ingin anda membuka Pemikiran dan Berjuang di banyak tempat. "Bertebaranlah Dimuka Bumi carilah Karunia Alloh dan ingatlah Selalu Alloh agar kamu beruntung " itu kata Tuhan dalam Surah Al-Jumuah ayat 10.

Masuk kebagian Akhir
Saya akan mencoba membahas dari 2 sisi, bagi yang LOLOS dan BELUM LOLOS.

Sebelum saya bahas saya ingin kepada para Readers jika berkenan marilah membuat SWOT. apa itu SWOT? Semacam pengukuran untuk diri sendiri, SWOT ini saya dapatkan pertama kali dari ibu Kepala Sekolah SMA saya. Ibu Irmayanti S,S yang merupakan salah satu guru yang sangat saya hormati baik dari cara mengajar ataupun konten Mengajarnya yang luar biasa. Semoga Ibu selalu sehat dan SMA Yapera makin jaya. Aaamiin

Lanjut.. SWOT ini kembali disinggung saat tadi saya masuk Mata Kuliah AQIDAH dan Dosen saya Pak Rifki Abror Ananda mencoba membahas soal SWOT Manusia.

SWOT adalah Strength Weakness Oportunity Threat (Kekuatan Kekurangan Peluang Ancaman/Tantangan) Coba Teman-teman buat dulu baru lanjutkan membaca Kembali.


Sudah? Mari kembali kita bahas.

Pertama saya akan membahas untuk Teman-Teman yang LOLOS.

Kawan, Anda adalah orang yang beruntung. Tuhan memberikan jalan anda untuk ada di PTN  dan mimpi kalian diwujudkan diantara berribu-ribu mimpi orang lain yang belum terrealisasikan. Kawan, Saya tau hari ini adalah mungkin salah satu hari terBahagia anda. Hari ini Anda bisa membuat orang tua anda berbangga dan berbahagia. Tugas anda sekarang, jangan dulu berfikir hal-hal yang berat tapi cobalah merenung sejenak. Kadang Euforia membuat kita Lupa dan Lenggah. Coba lupakan sejenak Euforia anda. Mari berfikir tentang Rekan-Rekan yang belum diizinkan tuhan berada di PTN dan anda hari ini diizinkan tuhan ada disana. Yakinkan diri anda. Bahwa, Anda akan Bertangung jawab dengan Pilihan anda. Mengambil Hasil Kelulusan itu, Bertanggung jawab dan Lakukan sebaik-baiknya. Fikirkan seperti itu diawal. Mengapa saya menuliskan Tangung Jawab? karena,Menurut saya yang kalian tangung bukan diri anda,keluarga anda. tapii juga mimpi-mimpi orang yg belum ter realisasikan dengan belajar sebaik-baiknya. BUKAN INGIN DAPAT GELAR. TAPI INGIN MENDAPAT ILMU. CATAT! Karena yang lebih mulia adalah orang yang BERILMU bukan BERPANGKAT/BERGELAR. Setelah nanti kuliah lakukan yang terbaik,jangan malas-malasan. ingat berapa orang yang gagal menduduki KURSI yang anda DUDUKI sekarang. Jangan kuliah cuma Main Hape Pulang dan Ingin CUMLAUDE. ITU MUSTAHIL Tuhan Menilai Anda dari bagaimana USAHA ANDA bukan MALAS-MALASAN ANDA 


Kedua untuk Teman-Teman yang BELUM LOLOS

Sobat, Kita sama. Saya juga tidak lolos SNMPTN DAN SBMPTN. Saya sempat nangis sendri saat melihat orang tua saya. Saya merasa gagal membahagiakan mereka. Mungkin itu juga yang anda rasakan ? Benar bukan?  Manusia terlahir dengan Akal,Hati Nurani dan Rasa. Rasa itu tidak pernah berbohong. Hati Nurani tidak pernah berdusta. saat Akal pemikiran haru menerima bahwa hari ini salah satu mimpi saya belum terkabulkan. Saya pernah hampir Down tapi saya di kelilingi oleh orang-orang yang baik, be Positif dsb yang membantu saya keluar dari kondisi tsb. Sobat, Saya ingin menerangkan bahwasanya. KULIAH di SWASTA bukan berarti MATI RASA. tak berkembang dan hanya mencari Gelar. salah kawan, Perkuliahan Swasta yang saya dapat di Kampus saya sekarang adalah mendorong kita untuk Serius, dan marilah kita Bersaing dibidang Keilmuan dengan Mahasiswa di PTN buktikan kalau kita bisa. Hal-Hal tersebut yang sering ditekankan Dosen-Dosen.

Sobat, SBMPTN bukan seperti Maut yang memberhentikan dan memisahkan dirimu dari segalanya. SBMPTN saya salah satu pintu yang bisa kita Usahakan untuk masuk ke dunia Persaingan Keilmuan yang Sebenarnya.  Masih banyak pintu-pintu lain menuju Kesuksesan diri anda Pribadi. Ingat Kesuksesan itu gimana cara anda mendefinisikan saja. Memang Penilaian Masyarakat tidak bisa  kita kesampingkan tapi cobalah Be Your Self. Kalian Hidup dengan cara kalian bukan karena orang lain. Tingkatkan USAHA Kawan karena Usaha mu dan Ikhtiarmu yang dinilai oleh Tuhan. diawal saya tuliskan Calon-Calon Harta Karun Bangsa yang masih Terkubur dan Akan segera Muncul.  itulah diri anda. yakinkan didiri anda saya harus sukses untuk diri saya, orang tua, keluarga dan orang lain yang nanti membutuhkan saya atau yang akan saya bantu. dan Jangan lupa Kepada sang Maha Kuasa.

Terakhir.
Mari Lihat SWOT mu...
Lihat Kelebihan mu.....
Lihat Kelemahan mu.....
Lihat Peluangnya...
dan Lihat Tantangan atau Ancamannya...

Kawan. Kita hidup bukan sekedar seberapa lama kita hidup tapi seberapa berpengaruhnya atau seberapa berkontribusinya dirimu untuk orang lain. saya kutip dari Almarhum Bpk Sutopo Purwo Nugroho yang terkena kanker Paru-Paru walaupun dirinya tidak pernah Merokok!

Lihat Swot mu Renungkan. Jika,
Anda terlalu Menyombongkan diri dengan Kelebihan mu
Anda terlalu Takut dengan Kelemahan mu
Anda Terlalu Gegabah akan Peluangmu
Anda Takut menerima tantangan

Apa yang terjadi pada dirimu ? Berkembang kah? Majukah?  saya rasa tidak.
Maka.
Tetaplah jadi diri sendiri yang menjadikan kelebihan sebagai peluang. yang menjadikan kelemahan sebagai tantangan. Jalani semua dengan Optimis dan Jangan lupakan Tuhanmu yang telah memberimu Nikmat yang sebanyak ini. Majulah,Berproseslah, dan Sukseslah tanpa menjatuhkan orangg lain dan tanpa meninggalkan atau melupakan orang yang membutuhkan anda.

Terimakasih
Semoga dapat bermanfaat.
Ambil Baiknya, Buang Jeleknya.
Wabillai Taufik Wal Hidayah..
Wassalamualaikum Wr.Wb

Muhamad Abid Rido Santriawan
 
abidridoo@gmal.com 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia, Budaya dan Antropologi

  1.       Konsep Makhluk dan Manusia Antropologi menurut seorang filsuf wanita Grace de Laguna pada tahun 1941 merupakan sebuah ilmu yang sangat luas. Antropologi tidak hanya membongkar anggapan mengenai superioritas ras dan kebudayaan tapi juga mempelajari sebuah bangsa secara keseluruhan baik dari aspek budaya, politik dan lain-nya. (Wiranata, 2011) Sementara itu, Makhluk dan Manusia dalam antropologi tergolong kedalam antopologi fisik, yaitu antropologi yang mempelajari serta mengkaji asal-usul manusia, evolusi, struktur tubuh dan dilengkapi dengan studi tentang analisis penduduk dan juga perkembangan perkembangan sosial.   A.     Makhluk Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Makhluk didefinisikan sebagai sesuatu yang dijadikan atau diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan). Sedangkan, menurut Kimbal (1983), Makhluk memiliki arti sebagai segala sesuatu yang memiliki ciri-ciri yakni bersifat rumit, responsive, berevolusi, mengadakan metab

Berkomentar - Bullying

Assalamualaikum Wr.Wb Setelah beberapa purnama akhirnya gue kembali punya waktu dan mendapat dorongan untuk kembali menulis. Sebenenarnya banyak hal yang ingin gue tulis tapi kali ini gue akan lebih berfokus kepada ada yang sedang terjadi di dunia.. and gua akan coba mencari whats going on?? And apakah ada conclution dibalik ini semua. Semoga dapat memberikan pencerahan . Okey.. Lets get Started.. Gua akan mencoba membuat tulisan ini layaknya sebuah narasi yang gua sampaikan secara oral dalam bentuk pembicaraan. Sempat Viral dan menjadi Trending topic di Twitter dan Dunia maya bahwasanya seseorang bernama “SULI” and I don’t know sebenarnya dia siapa tapi gua sudah mencoba untuk memperdalam untuk menulis ini. So, dari seluncuran gua di mesin penjelajah waktu dan mesin search engine yang ada di everypeople in the world yaitu google. Gua mengambil kesimpulan bahwa Suli adalah KORBAN and gua ga habis fikir, bagaimana bisa ada banyak sekali orang yang membenci seseorang yang